Rabu, 30 November 2016

Yohanes Chandra Ekajaya Pasa Ngrowot

Yohanes Chandra Ekajaya Pasa Ngrowot

Pulau Jawa memang sebuah pulau yang menyimpan banyak misteri. Yohanes Chandra Ekajaya yang baru saja menginjakkan kakinya di Pulau Jawa untuk pertama kali pun bisa merasakannya. Ia merasakan hawa mistis yang sangat kuat. Hawa mistis itu bersifat positif dan sakral. Secara tak sengaja pun ia mengucap bahwa Pulau Jawa adalah tanah atau pulau yang diberkati oleh Dewa-Dewa.

Yohanes Chandra Ekajaya pun juga mengatakan bahwa ketika di Pulau Jawa ia harus memanfaatkan segala potensi yang ada untuk mendekatkan diri dengan Sang Pencipta, dan Sang Maha Pencipta. Salah satu metode yang sering ia gunakan adalah meditasi dan berpuasa, oleh sebab itu ia ingin melaksanakan dan melakukan pasa ngrowot di tanah yang diberkati para Dewa ini.

Orang Indonesia saat ini mungkin sudah sangat jarang mendengar tentang salah satu jenis puasa, yaitu ngrowot. Pasa ngrowot pada prinsipnya sangat sederhana. Yohanes Chandra Ekajaya menerangkan bahwa pasa ngrowot itu prinsipnya hanya boleh makan buah yang berjenis pala pendhem, seperti ketela dan hanya boleh minum air putih saja.

Mengenai lamanya waktu pelaksanaan pasa ngrowot, Yohanes Chandra Ekajaya mengatakan bahwa lama waktu pelaksanaan puasa ngrowot sangat fleksibel. Semua itu disesuaikan dengan kepentingan dan keperluan orang yang melaksanakan puasa tersebut. Ia pun juga mengatakan bahwa fungsi dan manfaat dari pasa ngrowot adalah mampu membersihkan dan menjernihkan batin dan hati yang sudah lama teracuni oleh segala doktrin-doktrin peradaban barat dan timur tengah.

Yohanes Chandra Ekajaya pun melanjutkan keterangan manfaat dari pasa ngrowot, yaitu kesederhanaan. Sehingga tubuh akan menyatu dengan gelombang kosmos. Tentu saja bila dalam melaksanakan puasa ngrowot tersebut diimbangi dengan mengurangi waktu tidur. Sebab akan sangat percuma bila melaksanakan puasa jenis apa pun tetapi hanya tidur.

Selain itu fungsi dan manfaat yang paling vital dari pasa ngrowot menurut Yohanes Chandra Ekajaya adalah untuk mengingatkan orang-orang supaya selalu terus eling dan waspada. Sehingga mereka tidak akan kehilangan pegangan dan karakter kebudayaannya.



EmoticonEmoticon