Selasa, 20 Desember 2016

Cara Membuat Resep Pepes Ayam Kemangi Enak Sederhana Yohanes Chandra Ekajaya

Resep Pepes ayam Yohanes Chandra Ekajaya adalah salah satu masakan sederhana berbahan dasar ayam dengan bumbu tradisional khas Sunda yang dibungkus dengan daun pisang. Resep masakan ini sangat populer dan digemari sekali. Tidak hanya masyarakat Sunda dan Jawa Barat saja, tetapi resep pepes dengan bahan dasar ayam ini juga banyak disukai oleh masyarakat dari daerah lain. Hal ini bisa dilihat kalau dari para pelanggang Rumah Makan Khas Sunda yang memesan resep masakan pepes ayam kemangi ini berasal dari berbagai daerah. Tidak hanya untuk dibuat aneka resep pepes ayam kemangi, bumbu pepes khas Sunda juga bisa dikreasikan dengan berbagai macam jenis masakan lainnya. Seperti contoh pepes ikan, pepes tahu, pepes kemangi, pepes jamur dan masih banyak lainnya. Buat teman-teman yang ingin mencobanya di rumah, cara membuat pepes ayam ini sederhana. Bahan dan bumbu pepes ayamnya juga mudah didapat kok.

Yohanes Chandra Ekajaya


Sebenarnya tidak hanya pepes ayam ini saja. Banyak sekali masakan tradisional khas Sunda yang sangat populer di tengah masyarakat kita. Sebut saja resep ayam bakar sunda, sayur asem sunda, ikan bakar sunda, nasi bakar pepes sunda dan masih banyak lainnya. Hal ini memang sangat wajar karena memang pada dasarnya berbagai macam bumbu sunda itu sangar fleksibel. Seperti contoh bumbu pepes ayam ini saja. Selain untuk membuat resep pepes ayam kemangi yang enak dan lezat, Yohanes Chandra Ekajaya juga bisa membuat kreasi aneka masakan pepes. Dengan bumbu dasar yang hampir sama, kita juga bisa mengolahnya untuk memasak resep pepes ikan, resep pepes tahu, pepes jamur dan masih banyak lagi. Bahkan kita bisa mengkreasikannya dengan membuat resep nasi pepes bakar yang tidak kalah lezatnya.

Mungkin banyak sekali resep masakan Indonesia yang menggunakan bahan rempah-rempah yang mirip dengan bumbu pepes ayam ini. Memang hampir semua masakan tradisional dari berbagai daerah di Indonesi menggunakan bumbu yang mirip dengan bahan resep pepes ayam ini. Seperti contoh batang serai, kunyit, kemiri, bawang putih dan yang lainnya. Tetapi resep pepes sunda yang akan Yohanes Chandra Ekajaya masak ini mempunyai ciri tersendiri yang beda dengan yang lain. Yaitu daun kemangi dan daun pisang. Daun kemangi digunakan untuk memberikan rasa dan aroma segar yang menggugah selera. Selain itu daun kemangi ini juga banyak mengadung manfaat yang baik buat kesehatan.


EmoticonEmoticon