Rabu, 21 Desember 2016

Chandra Ekajaya Dorong Revolusi Digital


Chandra Ekajaya adalah seorang pengusaha yang sudah lama berkecimpung di dunia penjualan online. Pada awalnya ia hanya menjadi reseller dari beberapa brand terkenal. Tetapi lama-lama ia pun mempelajari bagaimana menjalankan bisnis online, dan dari sanalah ia mulai membuat sebuah usaha yang mandiri dan berdikari. Kini ia sudah mempunyai banyak usaha produksi dan pemasarannya menggunakan sistem e-commerce atau penjualan online.
Yohanes Chandra Ekajaya


Sebagai wujud pengabdiannya kepada bangsa dan negara, Chandra Ekajaya saat ini melakukan pembinaan dan mendorong Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) supaya berevolusi di era digital. Salah satu cara yang dilakukannya adalah membuat acara seminar dan pembinaan yang bertajuk Revoltal UMKM.

Acara Revoltal UMKM ini diselenggarakan di Wonosobo Expo, Wonosobo selama dua hari, 17-18 Desember 2016. Chandra Ekajaya ingin supaya para pelaku UMKM mempunyai daya saing yang tinggi di era modern dan digital sekarang ini. Program digitalisasi merupakan perhatian utama pengusaha muda satu ini, karena pasar global saat ini tidak bisa dilepaskan dari e-commerce atau penjualan online.

Chandra Ekajaya pun mengungkapkan bahwa pertumbuhan UMKM harus digenjot lebih cept supaya dapat membuat kondisi perekonomian negara stabil. Selain mendorong dan mengajarkan serta membina UMKM supaya dapat mengoperasikan sistem digital dan penjualan online, pengusaha muda ini pun juga mengajarkan kepada pelaku usaha untuk mengemas produknya dengan tampilan yang lebih menarik.

Dalam melakukan pembinaan dan pelatihan, Chandra Ekajaya mengategorikan para pelaku UMKM menjadi beberapa bidang. Diantaranya industri kreatif, makanan dan minuman olahan atau kuliner, kain tradisional, dan kopi serta teh.  Dalam penyelenggaraan seminar dan pembinaan ini juga digelar pameran produk-produk pelaku UMKM yang tergabung dalam wadah binaan pengusaha asal Wonosobo ini.

Dalam pameran tersebut dapat diketahui bahwa daya beli masyarakat sangat tinggi terhadap barang-barang UMKM. Chandra Ekajaya mengatakan bahwa total penjualan produk UMKM di ajang pameran tersebut mencapai 10 miliar rupiah, dengan rata-rata penjualan per stan sekitar 80 juta rupiah. Bahkan untuk beberapa stan penjualannya mencapai 150 juta rupiah.


EmoticonEmoticon