Senin, 19 Desember 2016

Es Palu Butung Chandra Ekajaya Khas Sulawesi


Bagi para pembaca sekalian mungkin terdengar sedikit asing dengan nama es palu butung. Menurut Chandra Ekajaya es palu butung memiliki nama yang unik namun tidak kalah enaknya dengan sajian kuliner khas nusantara yang lainnya.
Es palu butung merupakan salah satu sajian kuliner khas nusantara yang dapat anda temui di Sulawesi selatan dan untuk masalah harga sangat pas dikantong. Pada kesempatan kali ini Chandra Ekajaya akan berbagi resep membuat es palu butung khas Sulawesi. Anda tidak perlu pergi ke Sulawesi selatan hanya untuk menikmatinya hanya dengan menyediakan bahan-bahan beserta langkah-langkah membuatnya anda ikuti anda dapat menikmati es palu butung dirumah. Berikut ini bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat es palu butung.
Yohanes Chandra Ekajaya


Bahan-bahan utama es palu butung :
250 gram gula pasir
300  ram sirup merah
2 lembar pandan ikat simpul
1 liter santan dari 1 butir kelapa
150 gram tepung beras
1kg es serut
12 buah pisang kapok

langkah-langkah membuat es palu butung :
Pertama- tama kukus pisang kepook diatas api sedang selama 20 menit hingga matang, kemudian angkat dan kupas lalu potong-potong.
Larutkan tepung beras kedalam santan kemudian tambahkan gula pasir , garam dan daun pandan, kemudian masak sambil diaduk hingga meletup-letup kemudian dinginkan.
Tata pisang yang sudah dipotong-potong kedalam mangkuk, kemudian tuangkan rebusan tepung beras seucukupnya.
Tambahkan es serut dan sirup merah, es palu butung siap untuk disajikan.

Demikian resep es palu butung Chandra Ekajaya khas Sulawesi selatan semoga bermanfaat bagi para pembaca sekalian dan dapat dijadikan referensi membuat sajian kuliner khas nusantara sebagai hidangan penutup special selepas bersantap dengan saudara maupun rekan kerja.


EmoticonEmoticon