Senin, 26 Desember 2016

Yohanes Chandra Ekajaya Sasar Pertanian


Sebagai seorang pengusaha yang mempunyai visi ke depan, pengusaha Yohanes Chandra Ekajaya kini mulai menyasar komoditas pertanian sebagai komoditasnya utamanya dalam bisnis ekspor. Selain itu ia ingin membantu daerah asalnya, yaitu kabupaten Wonosobo supaya bisa mengekspor hasil pertaniannya. Ia mengatakan bahwa pasar nasional dan internasional masih membuka kesempatan yang sangat lebar untuk komoditas pertanian Wonosobo.

Yohanes Chandra Ekajaya


Menurut pengusaha yang berusia 42 tahun ini komoditas pertanian dari kabupaten Wonosobo mempunyai kualitas yang sangat baik. Selain itu untuk masalah ketersediaan bahan bakunya sangat melimpah, sehingga harga yang bisa diambil oleh para pengusaha bisa murah. Sedangkan harga yang diekspor ke luar negeri bisa sangat mahal.

Berdasarkan data statistik dan kondisi di lapangan, YohanesChandra Ekajaya menuturkan bahwa kabupaten Wonosobo akan sangat mampu menguasai pasar global melalui produk-produk pertanian. Selain itu pasar nasional dan internasional pun juga mampu dikuasainya jika kabupaten ini mampu memaksimalkan dan mengoptimalkan produk-produk hasil olahan pertanian.

Pengusaha Yohanes Chandra Ekajaya mempunyai rencana untuk mengembangkan bisnisnya ke wilayah regional. Ia hendak memelopori adanya pasar regional yang berada di bawah ASEAN. Bahkan ia mempunyai ide yang sangat berani. Diantaranya akan menyediakan beberapa stan atau outlet khusus di wilayah negara-negara ASEAN, dan ia akan menjual produk-produk pertanian unggulan secara gratis.

Yohanes Chandra Ekajaya menggaris bawahi bahwa yang dimaksud pertanian bukan hanya tentang padi dan segala macam jenis tumbuhan. Tetapi pertanian adalah istilah sekaligus konsep di mana perikanan dan peternakan pun menjadi satu di dalamnya. Ia pun berpendapat bahwa produk perikanan dari kabupaten Wonosobo ini mampu dan pantas bersaing di kancah internasional.

Untuk mampu bersaing di kancah global atau internasional, Yohanes Chandra Ekajaya memberikan saran dan dorongan kepada pelaku usaha bahwa mereka harus ulet, tekun dan rajin. Ia memberikan nasehat bahwa para pelaku usaha harus giat dan aktif dalam merebut pasar, atau kalau bisa menciptakan pasar. Bila sudah memegang kunci-kunci tersebut, maka dipastikan produk-produk kabupaten Wonosobo akan sangat diperhitungkan di dunia internasional.


EmoticonEmoticon