Selasa, 03 Januari 2017

Unyil Mini Yohanes Chandra Ekajaya


Unyil mini sebutan yang sangat cocok untuk salah satu roti ini karna bentuknya yang berukuran mini. Walaupun berukuran kecil roti ini memiliki rasa yang enak dan lezat bentuknya yang kecil ini diminati oleh seluruh kalangan dari anak-anak sampai orang dewasa.
Yohanes Chandra Ekajaya

Yohanes Chandra Ekajaya sendiri pun mengakui kelezatan roti yang satu ini.
Pada kesempatan kali ini Yohanes Chandra Ekajaya akan sedikit berbagi resep membuat roti unyil mini yang dijamin para pembaca semua ketagihan untuk membuatnya lagi. Ketidak sulitan membuatnya dan bahan-bahan yang mudah didapatlah yang menjadi faktor utama setiap orang ingin membuat lagi setelah merasakan roti unyil mini. Berikut ini beberapa bahan yang dibutuhkan beserta langkah-langkah membaut roti unyil mini.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat roti unyil mini:
·      14 gram ragi instan
·      50 gram susu bubuk
·      200 gram tepung terigu protein tinggi
·      200 gram tepung terigu protein sedang
·      100 gram margarin
·      100 gram gula pasir
·      1 sendok teh cake emulsifier
·      1 sendok teh garam
·      2 butir kuning telur ayam kocok rata
·      250 ml air es
·      4 buah telur dicampur air susu untuk bahan olesan

Bahan-bahan untuk isi roti unyil mini:
·      selai kacang secukupnya
·      selai cokelat secukupnya
·      abon secukupnya
·      keju secukupnya

Langkah-langkah membuat roti unyil mini:
1.     campurkan tepung terigu, susu bubuk, ragi instan dan gula pasir aduk hingga merata.
2.     Masukkan kuning telur sambil diaduk merata tuangkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai adonan bisa dibentuk.
3.     Masukkan cake emulsifier serta tambahkan margarin dan garam sampai adonan kalis setelah itu bentuk bulat taroh adonan kedalam kom adonan tutup dengan plastic wrapping.
4.     Fermentasi adonan selama 45 menit kemudian pukul adonan untuk membuang udara didalamnya kemudian setiap 25 gram adonan dibuat bulat taruh diatas meja yang sudah ditaburi tepung terigu.
5.     Beri isi adonan kemudian tata adonan diatas loyang yang sudah diolesi margarin lalu olesi permukaanya dengan olesan yang sudah disiapkan diamkan selama 15 menit kemudian panggang dengan oven suhu 190 drajat celcius.
6.     Roti unyil matang berwrna kuning keemasan angkat dan sajikan.

Demikian cara membuat roti unyil Yohanes Chandra Ekajaya yang enak dan lezat, semoga tulisan ini dapat menjadi refrensi para pembaca sekalian dalam membuat menu sajian untuk acara keluarga maupun dijadikan sajian special disaat ada tamu istimewa.


EmoticonEmoticon